Kamis, 21 Juni 2012

Ikuti Dahlan Iskan, Bos Pertamina Hindari Beli Minyak dari Trader


Wahyu Daniel - detikfinance

Selasa, 15/05/2012 11:05 WIB
Foto: dok.detikFinance
Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan akan menghindari pembelian minyak dari pedagang atau trader. Ini seperti keinginan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang meminta agar Pertamina tak impor minyak dari pedagang.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, untuk meningkatkan ketahanan pasokan energi nasional dan mendukung optimalisasi kinerja Petral, Pertamina memprioritaskan impor BBM dan minyak mentah dari berbagai sumber, khususnya National Oil Company (NOC).

"Sistem pengadaan minyak mentah dan BBM yang dilakukan selama ini telah berjalan dengan baik dan dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG)," kata Karen dalam pernyataannya, Selasa (15/5/2012)

Karen menyatakan Pertamina bertekad melakukan perbaikan pada proses pemenuhan kebutuhan BBM nasional. Caranya dengan berupaya untuk bisa melakukan impor langsung dari NOC, produsen minyak, dan pemilik kilang.

"Untuk itu, mulai kuartal ketiga 2012 kami akan melakukan langkah-langkah untuk merealisasikan rencana tersebut," katanya
Menurutnya hak ini harus dilakukan secara hati-hati untuk memastikan langkah tersebut tidak menimbulkan risiko, seperti kegagalan pasokan impor yang akan berakibat pada terjadinya krisis energi di dalam negeri.
"Kami menyambut baik rencana pemerintah untuk menjembatani upaya kami tersebut karena kontrak langsung biasanya perlu didahului dengan pembicaraan secara government to government (G to G)," tutur Karen.

Namun secara bertahap, Pertamina ingin mengurangi ketergantungan impor BBM dan minyak mentah. Perusahaan migas pelat merah ini akan merealisasikan proyek dua kilang terintegrasi dan ekspansi wilayah kerja eksplorasi dan produksi untuk meningkatkan cadangan minyak nasional.

Sebelumnya Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta Pertamina tak membeli minyak dari pedagang. "Soal Pertamina, soal kemungkinan Pertamina mengimpor BBM dan minyak mentah dari sumbernya, tidak dari pedagang," ujar Dahlan kemarin.

Menurut Dahlan, sebuah perusahaan besar sebaiknya membeli bahan baku langsung dari produsennya.

"Ya Pertamina kan perusahaan besar masak beli minyak dari pedagang, perusahaan besar sebaiknya membeli langsung dari sumbernya. saya suruh mempelajari karena kalau di swasta, perusahaan besar itu beli dari sumbernya," ujarnya.




(dnl/hen) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar